Apakah Seorang entrepreneur itu di lahirkan (born) atau dibentuk/diciptakan (made)?


Apa sih Entrepeneur itu ?

jadi sebelum saya menjelaskan apakah entrepeneur itu dilahirkan (born) atau diciptakan (made), saya ingin menjelaskan sedikit apa sih entrepeneur itu?. jadi entrepeneur adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

menurut para ahli (ebert, griffin 2003), entrepeneur adalah pelaku bisnis yang menerima gabungan antara resiko dan peluang yang menyangkut dalam menciptakan dan mengoperasikan peluang usaha baru. entrepeneur adalah orang yang menanggung resiko dari bisnis kepemilikan dengan sasaran utama pertumbuhan dan perkembangan.

nah setelah kita tahu sedikit mengenai entrepeneur, lalu yang menjadi pertanyaan apakah entrepeneur itu dilahirkan atau diciptakan? Kita sudah tau bahwa entrepreneur adalah seseorang yang pandai dan berbakat dalam berbisnis. Namun bakat dan potensi saja tidaklah cukup. Kita juga harus membentuk karakter dan kepribadian dengan cara membekali diri dengan ilmu, ketrampilan serta lingkungan yang baik.

Ketika kita dilahirkan didunia ini, kita sudah memiliki bakat. Ketika kita masih bayi kita belajar untuk merangkak dan berjalan, lalu kita juga belajar berbicara. Itu adalah bakat yg kita miliki waktu kita kecil. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya kita menjadi dewasa kita menemukan bakat yang terpendam tanpa kita sadari. Contohnya kita pasti memiliki sebuah hobi entah itu sepak bola atau berbisnis. Nah dari hobi itu kita kembangkan menjadi sebuah bakat atau keterampilan kita. Namun itu saja tidak cukup kita juga harus mengasah mental kita agar nantinya kita bisa bangkit saat menghadapi kegagalan.

Maka dari itu kombinasi Born dan made menjadi sangat penting dalam membentuk kepribadian seorang pengusaha yang tangguh.

Pembuatan artikel ini adalah sebagai tugas mata kuliah kewirausahaan dari  STIAMI yang di bimbing oleh bapak Endra Marsudi, B.Ag., MBA





Komentar

Postingan Populer