Dia adalah orang terkaya didunia, siapakah dia?

 


Mungkin buat yang masih penasaran, kalian sudah tidak asing dengan orang ini, karena orang ini sudah dikenal hingga seluruh dunia karena memiliki kekayaan yang berlimpah. Siapakah dia? Yup, dia adalah Bill gates dia adalah pendiri dari Microsoft corporation dan juga seorang tokoh bisnis.

Sejak kecil Bill telah menampakkan ketertarikannya pada dunia komputer. Perkenalannya pada komputer adalah saat ia berusia 13 tahun di mana saat itu disekolahnya, Lakeside School membeli perangkat terminal Teletype Model 33 ASR dan beberapa komputer General Electric (GE) untuk para siswa. Program komputer pertama yang ia tulis saat itu menggunakan bahasa pemrogaman BASIC.
Bill kemudian mempelajari sistem lain seperti sistem minikomputer DEC PDP, khususnya PDP-10 yang dimiliki oleh Computer Center Corporation (CCC). Namun Penggunaan komputer PDP-10 ini dibatasi waktu sehingga Gates bersama beberapa temannya seperti Paul Allen, Ric Welland, dan Kent Evans, memutuskan untuk mengembangkan sebuah bug pada sistem operasi tersebut untuk memperoleh waktu tambahan dalam penggunaan komputer. Namun mereka tertangkap tangan dan akhirnya dilarang oleh CCC untuk mengakses sistem itu selama musim panas. Karena kemampuan mereka dalam memahami bahasa pemrograman CCC akhirnya mempekerjakan mereka untuk menulis program pembayaran gaji dalam bahasa COBOL dengan tambahan imbalan hak akses ke komputer perusahaan.

Kesempatan ini dimanfaatkan Bill untuk mengembangkan kemampuannya dalam pemrograman computer. Pada 1973 Bill lulus dari Lakeside School dengan nilai yang memuaskan. Ia diterima di Harvard College. Selama kuliah Bill selalu menghabiskan waktu dengan computer kampusnya. Saat MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 diluncurkan, Bill dan Paul Allen melihat ini sebagai kesempatan emas untuk memulai usaha perangkat lunak sendiri. Bill kemudian membicarakan niatnya untuk membangun usaha perangkat lunak ini kepada orang tuanya yang kemudian didukung sepenuhnya oleh kedua orang tuanya.

Bill gates adalah salah satu tokoh bisnis yang saya kagumi. Kenapa? Karena selain beliau memiliki harta berlimpah beliau juga adalah orang yang dermawan. Dia menyumbangkan sebagian dari saham microsoftnya pada tahun 1994 untuk mendirikan "William H. Gates Foundation". Pada tahun 2000. Bill gates dan istrinya menggabungkan tiga yayasan keluarga dan bill gates menyumbangkan saham senilai $5 miliar untuk menciptakan yayasan amal Bill dan melinda gates.

Bill gates membuat saya terinspirasi untuk menjadi seorang pebisnis. Karena dari kisah hidupnya yang kita sudah tahu,bahwa beliau selalu berjuang dan bekerja keras agar mimpinya dapat tercapai, dia tidak menghiraukan orang lain dan dia juga selalu melangkah kedepan mengambil segala kesempatan yang ada. Dan berkat perjuangannya lah sekarang beliau menjadi orang terkaya didunia. Ini lah yang  membuat saya terinspirasi untuk menjadi seorang pebisnis. 

Dan untuk teman-teman yang ingin menjadi pebisnis saya ingin berpesan untuk tetap berusaha walau banyak rintangan jangan berputus asa terus melangkah kedepan dan manfaat kan segala kesempatan yang ada. Semoga cita-cita kalian bisa terwujud untuk bisa menjadi seorang pebisnis yang sukses.

STIAMI

Endra Marsudi

Komentar

Postingan Populer